Friday, November 16, 2007

Hyman Minsky

Hyman Minsky dikenal sebagai akademisi yang membuat kontribusi penting dalam mengembangkan paham Keynesianism dalam sistem finansial. Peran Minsky dalam studi keuangan dan makro ekonomi sangat diperhitungkan, karena dia sudah memikirkan hubungan antara faktor keuangan dalam ekonomi, sebelum para pemikir arus utama menyadarinya sebagai faktor yang penting diperhatikan dalam analisis makro ekonomi.

Apa sumber instabilitas? Menurut Minsky, sumber instabilitas adalah stabilitas itu sendiri. Karena pada dasarnya, “stability is destabilizing”. Gagasan ini sebenarnya mirip dengan pandangan Schumpeter tentang dua tahap peran uang ekonomi. Menurut Schumpeter pada tahap pertama, uang berfungsi mendorong inovasi di sektor produksi. Namun, ketika inovasi yang dilakukan berhasil dengan baik, kecenderungannya para agen ekonomi menjadi spekulatif dalam merencanakan bisnisnya di masa depan. Ada semacam kepercayaan diri yang membuat mereka menjadi kurang hati-hati dalam perencanaan bisnis. Akibatnya, dalam situasi di mana para agen ekonomi berperilaku spekulatif, uang berperan mendestabilisasi ekonomi (tahap kedua).
Menurut Minsky, jika ekonomi berjalan stabil, maka para pelaku ekonomi cenderung ekspanstif dan kurang berhati-hati dalam berhutang. Akibatnya, situasi berubah menjadi mengarah pada instabilitas. Jadi sumber dari instabilitas adalah situasi stabil di mana perilaku agen ekonomi cenderung menjadi spekulatif.

Lalu, mengapa para agen ekonomi cenderung berperilaku spekulatif di saat situasi ekonomi stabil ? Keynes telah menjelaskan dengan baik bahwa keputusan-keputusan agen ekonomi juga sangat dipengaruhi oleh harapan di masa depan. Sementara masa depan itu sendiri mengandung unsur ketidakpastian yang sangat tinggi, maka secara alamiah, perilaku ekonomi menjadi spekulatif.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home